Kamis, 12 Juli 2012

Banyak arti dalam kata "AMIN"



Dapet inspirasi dari obrolan gw semalem dengan salah seorang teman, dapet satu informasi yang sebelumnya gw ga tau, bahkan fine-fine aja. karena memang kelihatannya simple tapi sebenernya itu ilmu yang kadang kita gak peka untuk mencari tau.


Bahwa kata "AMIN" dlm bahasa Arab apabila pelafadzannya salah, maka arti dalam bahasa Indonesia juga akan salah.

Sepertinya kata "AMIN" sudah melekat dalam percakapan antara sesama manusia, jika dalam percakapan sehari-hari, atau melalui sms atau media lainnya, dengan tujuan mendoakan atau didoakan. 
Namun tak banyak yang tau bahwa kata "AMIN" adalah salah satu kata yg masih banyak orang Islam yang keliru karenanya/penulisannya.

Dalam bahasa Arab, ada empat perbedaan kata "AMIN" :
1. "AMIN" (alif dan mim sama-sama pendek) yang artinya AMAN, TENTERAM.
2. "AAMIN" (alif panjang dan mim pendek) yang artinya MEMINTA PERLINDUNGANĂ‚ KEAMANAN..
3. "AMIIN" (alif pendek dan mim panjang) artinya JUJUR TERPERCAYA.
4. "AAMIIN" (alif panjang dan mim panjang) artinya YA TUHAN,KABULKANLAH DOA 

Maka dari itu, Ayat dalam Al-Qur'an tidak hanya untuk dibaca, tapi juga untuk dipahami artinya, maknanya dan tentunya diimplementasikan yang baik untuk kehidupan. Terkadang hal kecil seperti ini justru luput dari pengetahuan kita, dibanding dengan pengetahuan yang lain.

Mudah-mudahan dari catatan kecil diatas tadi kita semakin mengetahui apa
arti * AMIN* yg sebenarnya 
AAMIIN ;) 

*source :dari berbagai sumber di google





Rabu, 11 Juli 2012

Take the info, not the freak story..


Seharian ini bayang-bayang ompol (Om Polisi) bergentayangan di pandangan. Haha lebay
Itu karena gw lagi di Polres Depok untuk urusan perpanjang SKCK (Surat Ketererangan Catatan Kepolisian).
Dan sebelumnya gw janjian sama mba evi, saudara kembar gw untuk perpanjang SKCK bareng. Kita ketemuan di Polres, gw berangkat dari Cibinong (rumah Mbah), mba evi dari Bogor (rumah Pakde)
Unik ya?? kita kayak punya Ibu kost dan Bapak kost sedari kecil.hihi
Well niat perpanjang SKCK kelar, abis itu lanjut buat Kartu Kuning di Depnaker. Pas banget letaknya strategis depan Polres, tinggal ngesot.

Sempet berjibaku dengan waktu. Karena gw sampe Polres duluan akhirnya gw perpanjang SKCK duluan. Sempet ketemu temen kuliah dulu juga ternyata, dan gw ga nyadar. Dia yang negor gw duluan, dan gw cuma bilang "eh, apa kabar lo?" pertanyaan simple ya? but, actually I forgot her name *Gubraaaaak
Sampe akhirnya gw puteriin otak gw flash back daftar nama di otak gw, yes I got her name *Giraaang, tiap ngobrol nyebut nama terus ;p
hahahhaa bener lho namanya, onderdil otak gw masih bagus ternyata. HAHHAAHA

Sementara mba evi masih di kereta. Lumayan garing nungguin SKCK jadi, tapi ternyata kalo perpanjang SKCK ga terlalu lama sih, dibandingkan baru buat SKCK, yg musti sidik jari lah, pake surat keterangan RT/RW/Kelurahan. Makanya banyak yang balik lagi gara-gara ga tau persyaratan apa untuk buat atau perpanjang.

Fortunately, waktu itu gw sempet foto di papan pengumuman polres. 
Fyi aja.. Syarat pembuatan SKCK atau Perpanjangan SKCK


Hmmm yang gw heran, di papan pengumuman tercantum untuk biaya pembuatan SKCK dikenai pajak sebesar Rp 10.000 sesuai dengan pengumuman bla bla bla gitu deh (gw ga sempet foto yang ini)
Tapi kok dalam prakteknya dikenai Rp 20.000 ya, untuk buat baru atau perpanjang. Terus untuk legalisirnya pun bayar seikhlasnya. Tadinya gw mo kasih 2rebu (kata kakak gw, kayak mo naek angkot va.. jauh deket 2rebu) Wakakkakkk..
Yasud lah No comment for this.. hehe

Oiya untuk masa berlaku SKCK itu sekitar 4 bulan, So kalo lewat 4 bulan kita kudu dateng ke Polres untuk perpanjang lagi.

Ternyata perpanjangan SKCK mba evi jauh lebih berasa lama dari gw, mungkin karena makin banyak orang yang dateng, karena waktunya juga ga keburu akhirnya kita memutuskan untuk buat Kartu Kuning besok/lusa.
Dan untuk pembuatan Kakun (Kartu Kuning) ini ternyata lagi dipindahin ke D-mall.. *capekdeh
Well katanya sih sekalian ada Job Fair disana, dari mulai tanggal 9,10,11 Juli 2012

Pulangnya gw sama mba evi sempet beli siomay depan ITC Depok, Aiiih ampe lupa makan gw dari tadi *my bad habit
Ada kejadian lucu pas beli si siomay. Kita sama-sama beli siomay masing-masing goceng. Nah gw bayar pake duit 10rebu, sedangkan mba evi pake duit 20rebu. Harusnya kan kembalian mba evi 15rebu, karena keder dan entah karena si otak keder mikirin nama temen gw tadi, gw balikin 20rebu (recehan) ke mba evi. Sempet itung-itungan bareng, adu opini itungan, terus dengan pedenya gw kasih 20rebu ke mba evi, Refleks sama-sama bengong berdua, dan kompak ngakak. WAkakakkk
"udah lama ga ketemu akuntansi ya kita" *mba evi said Hahahahhhh
Kita jadi keder berdua, ngakak gajebo seketika sampe si abang tukang minuman sebelah tukang siomay ikutan ketawa ngeliat kita berdua ketawa ngakak.
Dengan ngomong tergopoh-gopoh gw nukerin duit 10rebuan jadi 5rebuan 2 lembar ke si abang tukang minuman. Dia cuma ketawa ngeliatin orang gila mendadak akibat siomay. BHAHAHHAHAHHHHA.....

Kaboor ah, siomay di tangan kita berdua langsung caw balik ke rumah kost masing-masing.hihi
Senang rasanya tertawa lepas seperti tadi, meski orang lain menganggap kayak orgil. hahhaa
Udah lama juga ga ketawa lepas gitu, belakangan ini otot-otot wajah gw emang lumayan tegang nanganin hidup untuk gw, dan hidup untuk orang lain.

Anyway, back to the rule to make Yellow Card (Keren yee kalo di inggrisin) hahaa
well Kalo kakun sendiri gw belum pernah buat, syarat pembuatannya gw sempet search di mbah google sih.
Simple ternyata :
Proses pembuatan Kartu Pencari Kerja / Kartu Kuning (AK-1)
Cukup dateng langsung ke Kantor Dinas Tenaga Kerja Setempat, dengan membawa berkas administrasi seperti :
1 lembar fotocopy KTP
1 lembar fotocopy ijazah terakhir yang sudah di legalisir
2 lembar fotocopy kartu keluarga
Pas foto 3x4 berwarna sebanyak 2 lembar
Fotocopy sertifikat pendidikan atau pelatihan *)
Fotocopy paklaring / surat pengalaman kerja *)

*) optional (boleh ada, boleh ngga)

Setelah itu kita tinggal tunggu sebentar, data di proses dan kartu kuning pun udah jadi, kita cukup tanda tangan dan kroscek kali aja ada salah ketik. :) terus jangan lupa fotocopy kakun sesuai kebutuhan untuk kemudian di legalisir.
Untuk masa berlaku kakun sendiri sekitar 6 bulan, kalo udah kadaluarsa terus kita masih belum bekerja maka harus perpanjang lagi. Biaya proses pembuatan kakun ini di daerah depok free, alias tanpa pungli. 

Just share information!!!